Taguig Science High School

Di Filipina ada jenis sekolah yang namanya Science High School. Di sekolah ini, porsi pelajaran IPA-nya lebih banyak. hanya siswa-siswa terpilih yang dapat belajar di sini.
Salah satu Science High School ada di Kota Taguig. Selain dibiayai pemerintah pusat, sekolah ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah. Tahun lalu, saat saya berkunjung ke sana, sekolah ini baru memiliki satu laboratorium IPA, tapi hal ini tidak menghalangi mereka melakukan praktikum. Beberapa eksperimen sederhana mereka lakukan di kelas.





Suasana kelasnya semarak. Mirip taman kanak-kanak. Siswa diberi keleluasaan menghias kelas dan kursi yang mereka gunakan.





Ruang kelas dijaga agar bersih. Siswa diminta tidak mengenakan sepatu di dalam kelas, kecuali jika mereka mengenakan kantong pelindung sepatu.

Setiap guru di sana diberi satu laptop, bantuan dari pemerintah Kota Taguig. Laptop ini tidak hanya digunakan oleh guru untuk mengajar, melainkan juga dimanfaatkan oleh siswa dalam aktivitas belajar di kelas. Salah satu contoh menarik yang sempat saya lihat adalah siswa memanfaatkan laptop berkamera ini untuk membuat film sederhana guna menjelaskan konsep IPA yang mereka pelajari. Salah satu ide yang mereka gunakan adalah menggunakan analogi pembagian tugas pegawai sebuah bank untuk menjelaskan perbedaan fungsi organel sel.
Menarik.

Comments

Popular Posts