Jalan-Jalan ke Maribaya

Anda pernah ke berkunjung ke Maribaya? Hari Minggu lalu saya dan tiga orang kawan berkunjung ke sana dengan berjalan kaki dari Taman Hutan Raya Juanda. Perjalanan ini bukan yang pertama kalinya bagi saya, tapi tetap melelahkan.
Kami berangkat dari Tahura Juanda sekitar pukul setengah delapan dan tiba di Maribaya sekitar pukul satu siang.
Banyak kejadian lucu sepanjang perjalanan. Salah satunya saat kami mencicipi nira atau legen (?). Sebelumnya saya tidak pernah ingin mencobanya karena takut rasanya tidak enak, tapi ternyata lumayan. Hanya saja, yang mengejutkan adalah cara penjualnya mencuci gelas. Sederhana saja, cukup dikocok-kocok di ember kecil berisi air dan daun bambu. Kata penjualnya, daun bambu berfungsi menjaga gelas agar tetap jernih. Betulkah? Berfungsi sebagai antiseptik jugakah? Yang jelas, sampai saat ini, kami masih sehat-sehat saja. Aman dan terkendali.
Sayangnya saya tidak sempat mengambil foto-foto di sana. memori kamera yang saya bawa ternyata penuh. Untung Zu sempat mengambil beberapa foto menggunakan kamera telefon genggamnya. Anda dapat melihatnya di sini.
Oh, ya, untuk Vasco, tanaman yang Anda cari (Hedera Helix) banyak dijual di Maribaya. Mungkin sesekali Anda perlu berkunjung ke sini.

Comments

Popular Posts