"Jadi PNS itu enak, santai, gak banyak kerjaan" ... Betulkah?

Ucapan di atas sering dilontarkan oleh banyak orang. Sebetulnya tidak selalu demikian. Saya seorang pegawai negeri sipil. Santai? Tidak juga. Normal-normal saja.
Pekerjaan rutin tentu selalu ada. Pekerjaan ekstra hampir selalu ada.
Memang ada masanya saat kami dapat leluasa menghabiskan waktu untuk berolah raga di hari Jumat. Tapi, sekali lagi, semua normal-normal saja.
Institusi tempat saya bekerja adalah sebuah lembaga diklat. Saat diklat berlangsung, jam kerja sebagian dari kami berubah: 7 hari dalam seminggu. Selain itu, kami memang terbiasa mengerjakan pekerjaan kantor di hari libur, biasanya karena dikejar jadwal.
Contohnya kemarin, sejumlah rekan mendapat tugas mendadak untuk menyiapkan bahan seminar (presentasi dan makalah). Sejak sore kami ada di kantor sampai pukul 11 malam. Contoh lain, dulu kami pernah terpaksa harus menginap tanpa persiapan. Untung saya memang terbiasa menyimpan baju cadangan di kantor. No problem.
Jadi, siapa bilang jadi PNS itu selalu santai? Tidak benar.
Tapi saya sungguh mencintai suasana kerja di kantor. Rekan kerja saya semua baik dan pekerjaannya menyenangkan.

Comments

zuhe said…
Setujuuu...
saya juga mencintai pekerjaan dan tempat saya bekerja jua orang didalamnya...
dewi said…
sama banget sih ...

Popular Posts