Enkripsi dengan 2ROT13

Saya punya cerita yang sedikit memalukan. Dulu, saat mencari bahan tulisan tentang algoritma enkripsi, saya sempat mengunduh satu tulisan tentang algoritma 2ROT13.
Entah mengapa, saat itu saya tidak langsung "ngeh" bahwa tulisan ini lelucon semata. Saya baru sadar setelah beberapa paragraf berlalu.
Ah, bodohnya ... Dari judulnya seharusnya saya sudah dapat menerka.

Catatan:
Pada enkripsi dengan ROT13, suatu karakter alfabet digantikan oleh karakter alfabet lain yang posisinya berada pada urutan ke-13 sesudah karakter tersebut. Jadi, urutan ke-1:A digantikan oleh urutan ke-14:N, dan seterusnya. Karena ada 26 huruf dalam alfabet, setelah mencapai urutan ke 26, hitungannya akan kembali ke awal. Jadi, karakter pada urutan ke-14:N akan digantikan oleh urutan ke-1:A, dan seterusnya. Nomor, simbol, dan spasi tidak mengalami perubahan dengan algoritma ini.
Dengan 2ROT13, algoritma ROT13 dilakukan sebanyak 2 kali pada teks yang sama. Hasilnya? Seperti berputar 360 derajat: kembali ke tempat semula.

Comments

Popular Posts