Lena

Beberapa tahun lalu, saya mendapat tugas untuk menulis tentang format kompresi gambar . Secara tidak sengaja saya menemukan artikel mengenai foto seorang model bernama Lena. Fotonya sering digunakan sebagai standard test image pada penelitian mengenai image processing atau image compression.
Menurut sebuah sumber, Lena adalah model playboy tahun 70-an. Fotonya dimuat pada Playboy edisi November 1972. Nama lengkapnya Lena Soderberg. Cantik? Tentunya. Kabarnya, sekarang Ibu Lena ini tinggal di Swedia, sudah menikah, dan mempunyai 3 anak.
Mengapa foto ini yang dipilih? Menurut David C. Munson dalam A Note on Lena, alasannya adalah karena fotonya bagus, mengandung banyak unsur yang dapat bermanfaat pada pengujian dan objek fotonya menarik, cantik, terutama bagi komunitas peneliti di bidang ini (yang umumnya adalah laki-laki). Ya iyalah!
Berikut ini tampilan foto Lena yang digunakan sebagai standard test image.
Nah, yang ini adalah foto Lena masa kini (diambil saat Lena menghadiri konferensi yang diadakan oleh the Society for Imaging Science and Technology pada bulan Mei 1997).

Lena sendiri sebetulnya agak terkejut saat mengetahui kepopulerannya di bidang ini. Pihak Playboy sendiri juga sempat mempertanyakan legalitas foto yang digunakan.
Menarik.

Foto-foto diambil dari Lenna 97: A Complete Story of Lenna
(http://www.ee.cityu.edu.hk/~lmpo/lenna/Lenna97.html)

Comments

zuhe said…
hmm...fotonya bagus, pantes aja dijadiin standard test image. tapi selain lena, ada yg lain juga ya mba'? e.g. masuda, tiffany dll. tp emang ga secakep lena, apalagi dibanding yg ini [http://en.wikipedia.org/wiki/Image:Baboon24.png] ya mba' hehehe

Popular Posts