Tema: Masak-memasak ...

Entah mengapa, saya menyukai bacaan dan tontonan yang bertema masak-memasak. Padahal saya bukan pemasak. Saya jarang sekali memasak.
Kemarin, tanpa sengaja saya menemukan sebuah buku berjudul Spiritual Kitchen: Menjadikan Dapur sebagai Laboratorium Ruhani, karangan Ummufani. Saya baru baca sepintas. Isinya tentang renungan akan karunia Allah dan banyak kejadian di sekitar kita yang didasari oleh pengamatan terhadap berbagai benda atau peristiwa yang terjadi di dapur. Banyak hal yang dijadikan inspirasi, mulai dari peristiwa air mendidih sampai tempe yang gosong. Penulisnya berlatar belakang pendidikan fisika dan sekarang bekerja di LAPAN (kalau tidak salah ingat, bukunya tidak saya bawa sekarang, hehe). Jadi banyak konsep IPA yang diselipkan dalam tulisannya. Saya suka.
Dulu, di sebuah pameran, saya pernah menemukan buku berjudul: Rempeyek Popeye: Rekreasi Masak dengan si Kecil. Buku ini berisi resep-resep masakan sederhana yang dilengkapi cerita yang berkaitan dengan masakan atau bahan masakan yang digunakan. Kalau tidak salah ingat (maaf), buku ini merupakan kumpulan artikel yang pernah dimuat di Republika.

Satu lagi, saya punya 6 buku serial Dish. Serial ini bercerita tentang sekumpulan anak perempuan yang senang memasak dan memanfaatkan hobinya untuk menolong orang sekaligus menghasilkan uang. Anak-anak yang cerdas! Buku ini saya dapatkan pada pasar buku murah Gramedia. Tidak sengaja.
Kapan, ya, saya bisa menemukan buku-buku semacam ini lagi?


Comments

Popular Posts