Google Translate ...

Akhir-akhir ini banyak kawan saya membicarakan Google Translate. Ada satu komentar lucu dari salah satu kawan saya mengenai tool ini.

" ...Kepada teman lain yang belum pernah menggunakan google translate, silahkan mulai dicermati. Nampaknya lebih baik dari pada translator yang pernah kita punya, sehingga kalau dulu teh Dewi sering mengatakan "wah xxxxxxx banget" kini perlu diganti dengan "wah google banget". ha ha haaa ..."

Saya baru sadar, tampaknya saya sering berkomentar begitu sehingga kawan saya "niteni" kebiasaan itu. Saya memang tidak suka menggunakan tool semacam ini untuk membantu menerjemahkan. Hasil terjemahannya sulit dipahami. Tapi saya amat menghargai kerja keras orang-orang yang membuatnya. Ini perkembangan yang luar biasa. Sebagian orang merasa amat terbantu.

Nah, saya ingin mencoba Google Translate juga.

Teks asli dari Wikipedia:
An acid-base reaction is a chemical reaction that occurs between an acid and a base. Several concepts exist which provide alternative definitions for the reaction mechanisms involved and their application in solving related problems. Despite several differences in definitions, their importance becomes apparent as different methods of analysis when applied to acid-base reactions for gaseous or liquid species, or when acid or base character may be somewhat less apparent.

Hasil terjemahan:
Sebuah reaksi asam-dasar merupakan reaksi kimia yang terjadi antara asam dan dasar. Beberapa konsep yang ada untuk memberikan alternatif definisi yang terlibat reaksi mekanisme dan aplikasi mereka dalam menyelesaikan masalah terkait. Meski ada beberapa perbedaan definisi, mereka pentingnya menjadi nyata sebagai metode yang berbeda dari analisis bila diterapkan untuk reaksi asam-dasar untuk gas cair atau spesies, atau ketika asam atau karakter dasar mungkin agak kurang jelas.

Komentar saya:
Unsur "rasa" yang dianugerahkan Allah kepada manusia memang sulit sekali ditiru. Setuju dengan saya?

*Catatan: xxxxxxx adalah nama salah satu translator yang cukup populer.

Comments

Popular Posts