Dari Bandung sampai Merauke ...

Minggu lalu, saya ditugaskan ke Merauke. Agak mendadak. Saya baru diberitahu hari Jumat siang. Rupanya saya pergi menggantikan rekan lain yang berhalangan. Kami berangkat dari Jakarta dengan penerbangan malam, sekitar pukul 21.30 WIB dan tiba keesokan paginya di Merauke sekitar pukul 08.30 WIT. Jadi, jarak tempuhnya kira-kira 9 jam. Pesawat transit tiga kali di Makassar, Biak, dan Jayapura. Setiba di Merauke, kami memanfaatkan waktu luang untuk mengunjungi tugu di perbatasan Indonesia-PNG. Letaknya di Distrik Sota. Perjalanan ke sana ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam. Menuju ke sana, kami melalui Taman Nasional Wasur. Di kawasan ini banyak rumah semut yang tingginya bisa mencapai beberapa meter. Warga setempat menyebutnya musamus. Jalan menuju ke sana cukup bagus, kecuali di beberapa tempat yang baru ditimbun tanah. Karena hujan, jalannya menjadi berlumpur. Mobil yang kami tumpangi nyaris kandas. Agak tak percaya rasanya berada di sana, di ujung timur Indonesia. Kapan lagi saya dapat menginjakkan kaki di sini, ya?
Berikut ini beberapa foto yang sempat saya ambil.

Ini rumah semut alias musamus.



Ini beberapa foto tugu di perbatasan RI-PNG.







Ini jalan berlumpur yang kami lalui di jalur Merauke-Sota.



Ini foto pos jaga di perbatasan. Di depannya ada area parkir untuk sepeda!


Comments

Anonymous said…
sebagai informasi untuk meluruskan salah kaprah yang sudah terjadi.

Musamus yang dikenal sebagai "rumah semut" sebenarnya adalah rumah RAYAP atau termite...

selengkapnya dapat dibaca di http://b0cah.org/index.php?option=com_content&task=view&id=693&Itemid=44
semoga bermanfaat

Popular Posts